android

Berbagai Trik Android Yang Dianggap Sepele Tapi Sangat Berguna

Sejak Android diperkenalkan pada tahun 2007, sistem Android ini terus berkembang pesat hingga mampu menguasai seluruh pasar smartphone dunia saat ini. Berkat fleksibilitas serta sistem keamanan-nya yang terus ditingkatkan, tak ayal membuat para pengguna smartphone Android ini pun semakin meningkat selama beberapa tahun belakangan ini.

Nah, bagi kalian para pengguna smartphone Android dan ingin lebih banyak tahu mengenai beberapa trik smartphone android yang dianggap sepele tapi sangat berguna, berikut ini beberapa trik Android yang mungkin sepele namun sangat berguna untuk pemakaian sehari-hari.

  • Nonaktifkan Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Notifikasi aplikasi terus-menerus muncul pastinya sangat mengganggu. Diantara kalian mungkin ada yang belum tahu, notifikasi aplikasi ini sangat menguras baterai smartphone android kalian. Jika kalian ingin menonaktifkannya, inilah caranya: Tekan lama/tahan pada pemberitahuan untuk kotak pesan yang muncul. Ketuk Info Aplikasi -> Pemberitahuan Tampilkan Tidak Aktif -> Oke.

  • Nonaktifkan Pada Menu Data Seluler

Dengan menonaktifkan Data Seluler dapat membantu dalam menjaga baterai smartphone kalian agar tidak terkuras atau cepat habis. Berikut ini adalah cara mematikan data seluler: Masuk ke Pengaturan -> Penggunaan Data lalu Nonaktifkan data Seluler dengan cara mengubah pengaturan dari HIDUP ke MATI. Atau bisa juga dengan cara scroll bagian atas layar, lalu klik symbol data seluler sampai berubah warna dari terang menjadi gelap atau sebaliknya tergantung jenis thema dari smatphone android yang kalian gunakan.

  • Tetapkan Batas Maksimal Data Seluler

Ingin melacak seberapa besar penggunaan data seluler kalian pada setiap bulan? Smartphone Android memiliki fitur yang memungkinkan kalian melacak seberapa banyak kuota yang tersisa, caranya:

  1. Buka Menu Pengaturan -> Penggunaan Data.
  2. Setel batas data seluler kalian dengan cara menyeret garis untuk menentukan kuota bulanan kalian.
  3. Lalu Setel siklus penggunaan data seluler berdasarkan kapan dimulai dan berakhir, lalu klik ok dan selesai.

Ketika pengaturan sudah di setting, akan ada notifikasi yang muncul jika mencapai batas data seluler yang telah di tentukan/ditetapkan. Perhatikanlah bahwa penggunaan data seluler yang dilacak pada smartphone dapat sedikit berbeda dengan pelacakan operator yang kalian gunakan.

  • Tambahkan Lebih Banyak Akun Google

Akun Google sangat diperlukan untuk menggunakan smartphone Android, tapi apakah kalian juga tahu bahwa kalian dapat menjalankan/mengaktifkan lebih dari satu akun Google di perangkat Android?

Jika kalian belum tahu, berikut ini adalah cara untuk menambahkan beberapa akun Google: Buka menu Pengaturan -> Tambah akun/ symbol (+). Pilih Google lalu buat akun Google baru atau login akun yang sudah ada. Setelah ditambahkan, lalu pilih apa yang mau kalian sinkronkan dengan akun google tersebut. Ulangi semua langkah-langkah ini jika kalian ingin menambahkan lebih banyak akun.

  • Menonaktifkan Pembaruan Aplikasi Playstore Otomatis

Terkadang terasa menjengkelkan ketika tiba-tiba smartphone Android kalian secara otomatis melakukan pembaruan aplikasi pada playstore yang tidak kita butuhkan. Sebenarnya, kalian bisa menonaktifkan pembaruan otomatis ini jika tidak ingin terganggu. Berikut langkahnya: Buka Play Store lalu buka Pengaturan. Ketuk pada menu aplikasi perbarui otomatis. Lalu pilihlah menu Jangan update/perbarui aplikasi secara otomatis.

  • Memeriksa/Mengecek Pembaruan OS Android

Untuk pengguna Smartphone Android yang menggunakan ROM stock, kalian mungkin ingin mencari notifikasi pembaruan baru untuk sistem android kalian. Untuk memeriksa sistem pembaruan caranya yaitu: Buka Menu Pengaturan -> Tentang ponsel. Klik Pembaruan sistem. Klik Periksa sekarang untuk mencari ketersediaan pembaruan sistem.

  • Mengubah Aplikasi Default

Jika kalian telah menetapkan salah satu aplikasi default untuk penggunaan tertentu, misalnya Menggunakan aplikasi Chrome untuk membuka tautan web/internet tetapi ingin mengubahnya. Berikut ini adalah caranya: Buka Menu Pengaturan -> Aplikasi, Geser ke kanan dan cari Semua tab. Lalu pilih aplikasi yang mau kalian hapus sebagai default. Klik pada Hapus default lalu OK.