hemat energi listrik

Cara Menghemat Listrik Supaya Tagihan Juga Irit

Menghemat listrik merupakan cara menggunakan Listrik seminimal mungkin supaya listrik tidak terbuang secara percuma, semalin pemakaian listrik yang irit, tagihan juga akan lebih kecil. Sehingga hal ini dapat menekan/mengontrol pengeluaran secara terstruktur. Dengan mematikan sebagian listrik yang tidak terpakai kita bisa berhemat penggunaan daya listrik, Seperti dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kemdikbud oleh Haris Danial. S.Pd, M.A, dan Ismiyati Ano. S.Pd. Listrik sendiri digunakan untuk memudahkan kegiatan serta kebutuhan manusia sehari-hari. Listrik yang digunakan merupakan berasal dari pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan lalu dialirkan hingga sampai ke rumah kita, menggunakan kabel-kabel penghantar yang aman.

Ada Beberapa Cara Untuk Menghemat Listrik

Cara menghemat listrik yang dapat dilakukan, cukup dengan cara yang sangat sederhana. Dibawah ini mrupakan cara menghemat listrik yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan Lampu Dengan Watt Rendah/Hemat Energi (LED)

Lampu LED merupakan lampu yang memiliki watt rendah namun akan lebih memberikan penerangan lebih tinggi, ketimbang lampu bohlam biasa. Selain itu, cara menghemat listrik dengan menggunakan lampu LED juga bisa menghemat hingga 90 persen daya listrik di rumah.

2. Copot Semua Peralatan Elektronik Yang Terhubung Ke Listrik Jika Tidak Digunakan

Cabut semua kabel listrik peralatan dari elektronik yang masih menancap, meski tidak digunakan juga masih tetap membuat aliran listrik mengalir. Sehingga, hal ini juga akan membuat tagihan listrik semakin melonjak/membengkak.

3. Membuat Rumah dengan Ventilasi Udara

Cara menghemat listrik berikutnya adalah dengan membuat rumah yang memiliki cukup ventilasi. Hal semacam ini akan membuat aliran udara sehingga udara dari luar akan masuk tanpa harus menggunakan listrik. Selain itu, membuat sirkulasi udara yang ada di dalam rumah juga bisa mengurangi penggunaan AC/kipas angin.

4. Menggunakan Penerangan Alami/Lubang Cahaya

Penerangan alami/Lubang cahaya yang cukup pada siang hari, dengan bantuan sinar matahari akan membuat rumah kita tidak perlu menyalakan lampu lagi. Lubang cahaya yang dimaksud bukan berarti melubangi atap sampai bolong, melainkan mengganti salah satu genteng atau membuat luabng kecil di atas lalu menutupnya dengan media yang transparan, misalnya seperti kaca bening.

5. Gunakan Mesin/Pompa Air Secukupnya
Air juga termasuk salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Untuk itu, jika kita menggunakan pompa/mesin air, maka gunakanlah secukupnya. Apabila kita sering menyalakan pompa air, dapat dipastikan biaya listrik pun akan melonjak tinggi.

Adapun Manfaat Menghemat Listrik

Listrik sangat dibutuhkan hampir di seluruh penjuru dunia ini. Oleh karena itu, sebagai pengguna energi listrik di bumi, kita harus benar-benar sadar pentingnya menghemat listrik. Yang Paling penting manfaat  menghemat listrik yaitu secara tidak langsung kita bisa menyelamatkan bumi. Berikut Manfaat menghemat listrik antara lain:

  • Menghemat biaya tagihan listrik agar lebih irit
  • Mengurangi dampak negatif seperti penggunaan energi yang berlebihan dari emisi yang dihasilkan.
  • Mencegah krisis energi listrik di masa yang akan datang.
  • mencegah radiasi dari peralatan elektrotik yang secara terus-menerus terhubung ke listrik

Informasi diatas tentang penjelasan bagaimana cara menghemat listrik di rumah, beserta keuntungan dan manfaat dalam menghemat listrik. Jangan lupa dan biasakan untuk menghemat listrik ya gesss.