tips mengatur keuangan

Tips Mengatur Keuangan dengan Pintar dan Tepat

Ketika usia beranjak dewasa merupakan waktu yang tepat untuk mengatur keuangan secara lebih bijak. Seiring bertambahnya usia mengharuskan kita dapat lebih cerdas dalam memilih mana yang menjadi kebutuhan atau hanya suatu keinginan. Besar kecil penghasilan yang didapatkan tidak sekedar menentukan seseorang dalam kondisi finansial yang baik dan stabil. Ketika seseorang tidak dapat mengolah keuangan dengan benar, seketika mereka akan selalu terjebak ke dalam gaya hidup yang salah. Cara mengolah keuangan setiap individu pasti berbeda tergantung dengan kondisi dan kemampuan yang dihadapi. Setidaknya, dalam artikel kali ini Kamu dapat gambaran bagaimana mempersiapkan masa depan yang aman dan nyaman.

Berikut adalah cara mengolah keuangan yang tepat untuk menyiapkan masa depan yang cerah dan baik untuk masa mendatang:

  • Rajin Menabung

Terdapat sebuah peribahasa yaitu “Rajin Pangkal Pandai, Hemat Pangkal Kaya” memang betul adanya. Dari sebuah peribahasa tersebut mengajarkan kita agar dapat menerapakan budaya rajin menabung dan hidup hemat. Kita tidak dapat menebak kejadian apa yang akan menimpa kita di masa depan. Sehingga, alangkah baiknya untuk dapat menyisihkan sebagian sekitar beberapa persen dari penghasilan yang kita terima untuk ditabung.

Jika Kamu membutuhkan arahan bagaimana cara menabung yang baik dan benar, cobalah gunakan metode “Kakeibo” (seni menabung orang Jepang) atau sisihkan 20% dari penghasilan setiap bulan Anda untuk tabungan.

  • Catat Rincian Pengeluaran

Buat catatan pengeluaran setiap bulannya supaya dapat dengan mudah ditelusuri kemana saja uang yang kamu gunakan. Misalnya, buat catatan pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan bulanan, menbayar hutang atau cicilan kalau ada, kebutuhan hiburan/liburan, dan lain-lain. Kamu dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan atau catat secara manual di sebuah buku catatan.

  • Mulai Berinvestasi

Untuk mempersiapkan diri di masa depan, ambil langkah untuk berinvestasi merupakan keputusan yang tepat. Ada banyak pilihan investasi yang dapat kamu gunakan yaitu saham, obligasi, emas, reksadana, dll dan sesuaikan dengan jenis tingkat risiko yang terdapat didalamnya. Untuk memulai awalan, pilihlah investasi yang mempunyai tingkat risiko yang rendah.

Seiring bertambahnya usia, hasil dari investasi yang sudah kamu tanam sejak usia dini pasti akan sangat terasa manfaatnya.

  • Melunasi Hutang dan Cicilan Tepat Waktu

Bagi anda yang memiliki hutang atau cicilan pada setiap bulannya, misal cicilan KPR atau kartu kredit, lunasi dengan tepat pada waktunya. Hal itu dilakukan agar kamu tidak dikenakan bunga yang terlalu tinggi serta untuk menjaga skor kredit kamu berada di status yang baik. Jika kamu memiliki cicilan kartu kredit, usahakan untuk selalu membayar dengan pembayaran penuh, bukan dengan jumlah dari minimum pembayaran. Hal itu dilakukan untuk menghindarkan kamu dari kebiasaan terlalu konsumtif.

  • Menyediakan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan untuk menjaga atau mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga serta mendesak seperti terjadinya kecelakaan, sakit, ataupun kondisi saat tidak memiliki sumber penghasilan. Jumlahnya dana darurat setiap individu pasti berbeda, tetapi pada umumnya adalah 10x dari penghasilan tiap bulan yang kamu terima. Buat secara terpisah rekening dana darurat dengan rekening kebutuhan sehari-hari supaya dana darurat tersebut tidak terpakai.

  • Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang sangat memudahkan kamu dalam memiliki barang secara cicilan pada setiap bulannya. Namun, dalam menggunakan kartu kredit juga harus dapat dikontrol sebaik mungkin sesuai dengan porsinya dan tidak digunakan pada keperluan yang terlalu konsumtif. Ada beberapa tips untuk menggunakan kartu kredit secara benar dan bijak yaitu usahakan membayar nominal cicilan setiap bulannya dengan cara pembayaran penuh. Selain itu, jangan pernah sekalipun meminjamkan kartu kredit kamu kepada kerabat kamu. Karena ketika sudah berpindah tangan dari kamu yang merupakan kepelimikan aslinya, akan sulit untuk dikontrol kemana saja pengeluaran dari kartu kredit yang telah berjalan. Hal itu, akan membuat catatan yang sudah kamu buat menjadi berantakan.

Demikian, Seperti itulah bagaimana cara mengatur keuangan kamu dengan baik dan benar. Memang dalam prosesnya menjalaninya tidak mudah, namun tetap nikmatilah proses dan ingat tujuan akhir yang akan kamu dicapai. Selalu tetap semangat dalam menyiapkan masa depan yang cerah dan lebih baik!